DOA PENGANTIN DI MALAM PERTAMA • Fatwa NU

DOA PENGANTIN DI MALAM PERTAMA • Fatwa NU
.
Sudah berapa banyakkah undangan pernikahan yang Anda terima sampai hari ini? Hari ini ada berapa banyak jadwal kondangan? Atau Anda salah satu yang hendak menikah?
.
Menikah merupakan salah satu sunnah yang disyari'atkan Nabi Muhammad saw. Salah satu tujuan pernikahan adalah untuk memperoleh keturunan. Tentu, keturunan akan diperoleh melalui proses biologis antara suami dan istri. Setelah menikah, masyarakat lazim menyebut aktivitas pertama yang dilakukan pasangan pengantin baru dengan sebutan malam pertama. Untuk Anda pasangan pengantin baru, jangan terburu-buru. Ada doa yang sebaiknya dibaca oleh pengantin di malam pertama.
.
Sebelum melakukan hubungan badan di malam pertama, mempelai pria dianjurkan membaca bismillâh dan mengusap rambut bagian depan mempelai perempuan. Ketika berjumpa pertama kali di kamar pengantin, mempelai pria dianjurkan untuk membaca doa berikut ini.
.
بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنَّا فِي صَاحِبِه
.
Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibih.
.
Artinya, “Semoga Allah memberkahi setiap kita.”
.
Setelah itu, mempelai pria dianjurkan untuk membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ. Allâhumma innî as’aluka khairahâ wa khairamâ jabaltahâ alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ jabaltahâ alaih.
.
Artinya, “Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikan istriku dan kebaikan sifat yang Kau ciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan istriku dan keburukan sifat yang Kau ciptakan untuknya.”
.
Doa ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ibnu Majah, Ibnu Suni, dan perawi lainnya dari Amr bin Syu‘aib dari ayahnya, dari kakeknya, dari Rasulullah SAW. Doa ini dicantumkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. (Alhafiz K)
***

.
#nahdlatululama #nuonline #nuonline_id #doa #pengantin #pengantinbaru #malampertama #bride #groom #wedding #honeymoon #islam #islamnusantara #aswaja #ahlussunnahwaljamaah

Comments

Visitor

Online

Related Post